mencari saya dalam sejarah

Mencari Saya dalam Sejarah Seni Rupa Saya


Pembukaan:
Jumat, 14 Desember 2012, pk. 19.00 WIB
Dilanjutkan dengan artists talk
Pembicara: Aminudin TH Siregar dan R.E. Hartanto
Durasi pameran:
14 Desember 2012 - 14 Januari 2013
Bale Tonggoh

Merupakan pameran bersama Aminudin TH Siregar dan R.E. Hartanto dimana kedua seniman mengkuratori karya mereka masing-masing. Pameran ini juga merupakan suatu bentuk pemahaman dan pengungkapan sejarah dari praktik kesenirupaan yang ditempuh dari masing-masing seniman.
“Kesadaran ini sudah mengendap di kepala saya semenjak lama, bahwa buat saya, seni adalah bermain-main dengan kesia-siaan. Memang benar, pada batas historis tertentu, seni pernah "bermanfaat" dalam melengkapi manifestasi nasionalisme. Tetapi, secara umum, seni rupa di Indonesia adalah kesia-siaan yang dipelihara agar kegilaan dinilai menjadi "kewarasan". Karya seni di Indonesia itu lebih banyak omong-kosongnya ketimbang manfaatnya bagi kemanusiaan.” (Aminudin TH Siregar)
"Saya yakin, seluruh kecemasan ini bersumber dari ego saya sendiri. Bila saya perhatikan baik-baik, ego adalah suatu mahluk yang gelisah. Ia terus-menerus menuntut perhatian dan pengakuan. Dalam proyeksi ego saya, saya selalu mengidam-idamkan kekayaan materi yang, bukan hanya cukup, namun berlimpah-ruah. Bila kekayaan materi saya hanya sekedar cukup, saya akan gelisah dan cemas, apalagi bila kurang.” (R.E. Hartanto)
Download e-catalogue Mencari Saya dalam Sejarah Seni Rupa Saya
 

     
     

Mencari Saya dalam Sejarah Seni Rupa Saya (teaser):  

0 komentar:

Posting Komentar